The Role of Arabic Education Department in Improving Students' Writing Skills During Covid-19 Pandemic
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhikara, M. A., Handayani, S., Jumono, S., & Darmansyah. (2014). Pelatihan penyusunan artikel publikasi ilmiah pada mahasiswa perguruan tinggi di Jakarta Barat, Jurnal Abdimas, 1(1), 41-52.
Akhadiah, Sabarti., Maidar G A., & Sakura H R. (2012). Pembinaan Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Alwasilah, A. C. (2007). Pokoknya kualitatif: Dasar-dasar merancang dan melakukan penelitian kualitatif. Jakarta: PT. Dunia Pustaka.
Aziza, L F., & Muliansyah, Ariadi. (2020). Keterampilan Berbahasa Arab dengan Pendekatan Komprehensif. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 19 (1), 56-71. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i1.2344
Bitchener, J., & Basturkmen, H. (2006). Perceptions of the difficulties of postgraduate L2 thesis students writing the discussion section. Journal of English for Academic Purposes, 5(1), 4–18.
Dalsky, D., & Tajino, A. (2007). Students’ perceptions of difficulties with academic writing: A report from Kyoto University academic writing courses. Kyoto University Researches in Higher Education, 13, 45–50.
Ismail, I., Hasan, H., & Musdalifah, M. (2018). Pengembangan kompetensi mahasiswa melalui efektivitas program magang kependidikan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 124-132. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.48
Karim, M. F., & Mursitama, T. N. (2015). Menulis Akademik. Depok: Linea Pustaka.
Khaerunnisa. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Pendikatan Kolaboratif. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 13 (1), 61-66. http://dx.doi.org/10.30651/st.v13i1.3762
Marselina, Suci. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Strategi Belajar Kooperatif Tipe Group Investigation Siswa Kelas XI MAN 1 Kota Sungai Penuh. Pentas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 14-21.
Mawardi, Dodi. (2009). Cara Mudah Menulis Buku Dengan Metode 12 Pas. Jakarta: Raih Asa Sukses.
Nalliveettil, G M & Mahasneh, A. (2017). Developing competence in basic writing skills: perceptions of EFL undergraduates. International Journal of Applied Linguistics & English Literature, 6(7), 332-341. http://dx.doi.org/10.7575/aiac.ijalel.v.6n.7p.332
Nurbayan, Y., Al Farisi Z., Sanusi, A., & Supriadi, R. (2020). Investigating the Students’ Weaknesses in Writing Academic Papers. 4th International Conference on Language, Literature, Culture, and Education (ICOLLITE 2020), 790-796.
Nurhaliza, U., Habudin, Mansur. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menentukan ide pokok suatu paragraf dalam pelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN Pondok Jagung 01 Serpong Utara. Ibtida’i, 6(1), 95-104. http://dx.doi.org/10.32678/ibtidai.v6i01.2493
Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi nomor 50 tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Riset dan Teknologi.
Puspitasari, E H., Rustono., & Hari B. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Kembali Dengan Bahasa Sendiri Melalui Media Film Dongeng Pada Peserta Didik Kelas Vii B Mts Mu’allimin Malebo Temanggung. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3 (1), 1-8.
Rahmiati. (2015). Analisis kendala internal mahasiswa dalam menulis karya ilmiah. Al-daulah, 4(2), 327-343. https://doi.org/10.24252/ad.v4i2.1486
Salamah, A H M. (2003). Tashmim al-Tadris. Riyadh: Dar al-Khariji.
Saman, A., & Bakhtiar, M. I. (2018). Karya tulis ilmiah bagi mahasiswa STKIP Andi Matappa Kabupaten. Jurnal Terapan Abdimas, 3(1), 39–43. http://doi.org/10.25273/jta.v3i1.2165
Sardila, Vera. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi dan Autobiografi: Sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. An-Nida: Jurnal Pemikiran Islam, 40 (2), 110-117. DOI: 10.24014/an-nida.v40i2.1500
Surat Dirjen Dikti No. 152/E/T/2012: Wajib Publikasi Ilmiah bagi S1/S2/S3.
Tarigan, H., G. (1985). Psikolinguistik. Bandung: Angkasa.
Taufik. (2011). Pembelajaran Bahasa Arab MI (Metode Aplikatif & Inofatif Berbasis ICT). Surabaya: PMN.
Yanti N, Suhartono, & Hiasa F. (2018). Keterampilan menulis akademik mahasiswa S-1 program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Silampari Bisa. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 1(1), 1-16. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.4
Yanti, Nafri, Suryadi., & Suhartono. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah Populer Menggunakan Pendekatan Saintifik Mahasiswa FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Kiprah, 6(1), 14-24.
DOI: https://doi.org/10.18326/lisania.v5i1.36-52
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Yayan Nurbayan, Mohammad Zaka Al Farisi, Anwar Sanusi
View My Stats