Refirming Understanding About Arabic Curriculum Management: Concept, Characteristics, and Study Area
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aliyah, V. H., Maghfur, A. ’Ali and Hilmi, D. (2019) ‘Manajemen Perencanaan Program Bahasa Arab Di Mayantara School Malang’, Arabia, 11(1), p. 175. doi: 10.21043/arabia.v11i1.5214.
Anwar, M. (2018) ‘Konsep, Karakteristik dan Wilayah (Scope) Kajian Manajemen Kurikulum Bahasa Arab’, Al-Fathin: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 1(01), pp. 37–51. doi: 10.32332/al-fathin.v1i01.1188.
Arifin, Z. (2014) Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum: Konsep, Teori, Prinsip, Prosedur, Komponen, Pendekatan, Model, Evaluasi dan Inovasi. Bandung: Rosdakarya.
Buska, W. et al. (2020) ‘THE MANAGEMENT OF LANGUAGE LABORATORY IN IMPROVING STUDENTS ARABIC COMPETENCE’, Arabi : Journal of Arabic Studies, 5(1), pp. 51–62. doi: 10.24865/ajas.v5i1.249.
Faiqah, N. (2017) ‘MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH’:, At-Tafkir, 10(1), pp. 64–85.
Faizah, A. (2019) ‘Evaluasi Program Pembelajaran Bahasa Arab di SMP IT Nurul Islam Tengaran’, LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 3(2), pp. 143–162. doi: 10.18326/lisania.v3i2.143-162.
Fattah, N. (2006) Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Furchan, A. (2005) Pengembangan KBK di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Habibi, B. Y. (2020) ‘INTEGRASI KURIKULUM BAHASA ARAB PESANTREN TRADISIONAL DAN MODERN DI MADRASAH ALIYAH PROGRAM KEAGAMAAN’, Arabi : Journal of Arabic Studies, 4(2), pp. 151–167. doi: 10.24865/ajas.v4i2.178.
Hamalik, O. (2007) Dasar-dasar Pengembagan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Hamalik, O. (2012) Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosdakarya.
Hidayat, S. (2013) Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
al-Syafi’i, I. M. (1417) al-Manhaj al-Mudarrisy Min Manzur Jadid. Riyadh: Maktalah al-Abikan.
Izzan, A. (2009) Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.
al-Khalifah, H. J. (2014) al-Manhaj al-Mudarrisy al-Mu’ashir. Riyadh: al-Mamlakah al-’Arabiyah.
Mahmudi, A. et al. (2019) ‘CLASSROOM MANAGEMENT AND ARABIC LEARNING PROCESS BASED ON MULTIPLE INTELLIGENCES IN ELEMENTARY SCHOOL’, Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 6(2), pp. 222–237. doi: 10.15408/a.v6i2.11365.
Makinuddin, M. (2017) ‘Konsep dan Karakteristik Manajemen Kurikulum Bahasa Arab’, MIYAH : Jurnal Studi Islam, 11(2), pp. 133–149.
Muhaimin, M. (2009) Rekonstruksi Kurikulum Pendidikan Islam Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum, Hingga Strategi Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Muhaimin, M. (2011) Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kencana.
Mustari, M. (2014) Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Nuryani, N. (2015) View of Implementasi Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab Studi Kasus di Fak. Tarbiyah Jurusan PBA IAIN Tulungagung | Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam. Available at: http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/taalum/article/view/356/289 (Accessed: 5 April 2021).
Qomar, M. (2007) Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.
Qomar, M. (2013) Strategi Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.
Ramadhanisnaini, N. M. (2018) ‘MANAJEMEN INFORMASI KURIKULUM BAHASA ARAB’, p. 24.
Rosyid, M. K. et al. (2019) ‘Manajemen Perencanaan Pembelajaran Aktif di Lembaga Kursus Bahasa Arab Al-Azhar Pare Kediri’, LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 3(1), pp. 1–20. doi: 10.18326/lisania.v3i1.1-20.
Rusman, R. (2012) Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers.
Suhardan, D. (2009) Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2012) Kurikulum Dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Refika Aditama,.
Supardi, S. (2018) ‘Model Pembelajaran Bahasa Arab Terpadu di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri’, LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 2(1), pp. 13–27. doi: 10.18326/lisania.v2i1.13-27.
Susiawati, I. and Fanirin, M. H. (2020) ‘ARABIC LEARNING AT MADRASAH ALIYAH BASED ON THE 2013 CURRICULUM’, Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 7(2), pp. 251–263. doi: 10.15408/a.v7i2.17444.
Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI, T. D. A. P. U. (2012) Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Ukas, M. (2014) Manajemen; Konsep, Prinsip dan Aplikasi. Bandung: Agnini.
Wijaya, M. (2017) ‘Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Sinergi Teori Dan Praktek’, AL-TANZIM : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM, 1(1), pp. 1–18. doi: 10.33650/al-tanzim.v1i1.24.
Zubaidi, A. (2012) ‘MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM BAHASA ARAB DI MADRASAH’, Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 10(2), pp. 215–231. doi: 10.21154/cendekia.v10i2.412.
DOI: https://doi.org/10.18326/lisania.v5i1.53-70
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Agung Setiyawan
View My Stats